Kamis, 10 Desember 2015

Biologi Genetika



 ISTILAH-ISTILAH DALAM GENETIKA


A.   KROMOSOM
Kromosom merupakan badan berbentuk batang atau bengkok, mulai tampak pada sel akan membelah dan selama proses pembelahan. Kromosom tampak jelas pada fase pembelahan metaphase karena terletak berjajar pada bidang ekuator. Ukuran kromosom berbeda-beda untuk setiap spesies. Kromosom memiliki panjang 0,2-20 mikron. Struktur kromosom tampak sepertii gambar berikut         :
Suatu kromosom terdiri atas   :
a.     Kromatid
Adalah salah satu dari 2 lengan hasil replikasi(perbanyakan) kromosom. Kromatid melekat satu sama lain dibagian sentromer. Istilah lain kromatid adalah kromonema, merupakan filament yang sangat tipis yang terlihat selama tahap profase dan kadang-kadang pada fase interfase.
b.     Kromomer
Merupakan struktur berbentuk manik-manik yang merupakan akumulasi sari materi kromatin yang kadang-kadang pada saat interfase. Kromatin adalah struktur berupa benang-benang halus yang terdiri atas DNA dan protein.
c.      Sentromer
Adalah daerah konstriksi ( perlekukan ) di sekitar pertengahan kromosom. Pada sentromer terdapat kinetokor. Kinetokor adalah bagian kromosom yang merupakan tempat pelekatan benang-benang spindle selama pembelahan inti dan berperan mengatur pergerakan kromosom selama pembelahan sel.
d.     Satelit
Adalah bagian kromosom yang berbentuk bulatan dan terletak di ujung lengan kromatid.
e.      Telomere
Merupakan daerah terujung pada kromosom. Berfungsi untuk menjaga stabilitas bagian ujung kromosom agar DNA daerah tersebut tidak terurai.

B.            GEN DAN ALEL
        Gen adalah substansi genetic yang terdiri atas DNA dan RNA, yang membawa informasi genetic berupa basa-basa nitrogen dan segmen DNA tedan menyrtentu gen berfungsi mengatur proses metabolisme.menyampaikan informasi genetic dari satu generasi ke generasi berikutnya. Gen terletak dalam lokus kromosom yang tersusun berderet secara linear.
        Gen-gen yang terletak pada lokus yang bersesuaian pada pasangan kromosom homolog disebut alel. Apabila dalam lokus yang sama terdapat lebih dari satu alel, disebut alel ganda. Dilihat dari dari pengaruh gen pada fenotipe, alel ialah anggota sepasang gen yang memiliki pengaruh berlawanan.



C.               HOMOZYGOT DAN HETEROZYGOT
        Homozygote adalah salah satu keadaan fenotipe. Individu pada homozygote memiliki kromosom dengan alel yang sama pada setiap lokus gen-gennya. Alel yang sama dimiliki oleh lokus dengan genotype homozygote.
        Heterozygote adalah satu dari bentuk genotip yang mungkin terjadi pada setiap individu. Pada keadaan tertentu heterozygot,alel-alel yang menempati lokus berbeda-beda pada setiap kromosom. Kondisi heterozygote di dalam pertanian dimanfaatkan dalam pembentukan varietas hibrida yang disebabkan karena berhubungan dengan gejala heterosis.

D.               DOMINANT DAN RESESSIVE
        Dominant adalah sifat yang paling banyak muncul menutupi sifat lain, artinya dalam suatu perkawinan sifat ini dapat mengalahkan pasangannya.
Gen dominant adalah gen yang dapat mengalahkan/menutupi gen lain adalah pasangan alelnya. 
        Resessive adalah sifat yang tidak tampak karena tertutupi oleh sifat dominant, artinya sifat ini dikalahkan/ditutupi oleh sifat pasangannya.
Gen resessive adalah gen yang ditutupi gen lain yang merupakan pasangan alelnya.

E.            FENOTIPE DAN GENOTIPE
        Fenotipe adalah sifat yang nampak pada individu dapat diamati dengan panca indera, misalnya warna bunga merah, rambut keriting, tubuh besar, buah rasa manis,dsb. Fenotipe merupakan perpaduan dari genotype dan factor lingkungan. Sehingga suatu individu dengan fenotipe sama belum tentu memiliki genotype yang sama.
        Genotype adalah susunan gen yang menentukan sifat dasar suatu makhluk hidup dan bersifat tetap. Dalam genetika genotype ditulis dengan menggunakan symbol huruf dari huruf paling depan dari huruf paling depan dari sifat yang dimiliki oleh  individu dikendalikan oleh sepasang alel yang membentuk alela. Sehingga dalam genetika symbol genotip ditulis dengan 2 huruf. Jika sifat tersebut dominant , maka penulisannya menggunakan huruf capital dan jika sifat resessive ditulis dengan huruf kecil.
Homozygor dominan : BB. Homozygote resessive : bb
Heterozygote : Bb

F.   MUTASI
        Adalah perubahan struktur materi genetis yang dapat direproduksi dan dapat diturunkan pada generasi berikutnya. Sejumlah zat dapat mengakibatkan mutasi disebut mutagen. Sementara itu makhluk hidup yang mengalami perubahan genetic akibat mutasi disebut mutagen. Mutasi merupakan peristiwa yang terjadi secara acak dan sukar diamati.

0 komentar:

Posting Komentar

 
bunga liar Blogger Template by Ipietoon Blogger Template